siput hewan suka tidur 
Siput adalah salah satu hewan yang biasa dijadikan makanan di beberapa daerah. Siput merupakan salah satu hewan yang sangat lambat berjalannya, namun siapa yang menyangka bila ia dapat tidur selama 3 tahun. Siput merupakan salah satu hewan yang memerlukan tempat yang lembab supaya dapat terus hidup, bila mereka kekeringan maka mereka akan mati karena siput tidak tahan dengan tempat yang panas dan kering.
Salah satu jenis siput yang mampu bertahan dengan segala iklim adalah siput gurun, siput jenis ini telah mengembangkan banyak teknik supaya dapat selalu menjaga kelembapan yang mereka butuhkan untuk dapat terus bertahan hidup. Perkembangan yang di miliki salah satunya adalah mereka lebih aktif di malam hari, karena di siang hari mereka akan tidur di dalam cangkang.
Saat mereka keluar di malam hari, mereka akan bergerak secara perlahan-lahan serta berhati-hati. Siput mengunyah apapun yang mereka temukan dengan mengandalkan rasa sentuh saat menemukan makanan, karena mereka tidak dapat mendengar serta memiliki penglihatan yang sangat buruk. Sipu termasuk salah satu hewan hermafrodit yang tidak perlu menemukan pasangannya.
Mereka dapat tidur hingga tiga sampai empat tahun sampai iklim lebih cocok bagi mereka keluar jalan-jalandan mencari makan. Siput dapat bertahan hidup hingga lima belas tahun, siput biasanya tidur pada bulan di musim dingin dengan tidak ada makanan dan hanya mengandalkan sedikit air saja.