Besok Gerhana Matahari Total Bakal Dirasakan Penduduk Dunia

Gerhana Matahari Total Bakal Dirasakan Penduduk Dunia 20 Maret
NEW YORK Gerhana Matahari total diperkirakan akan terjadi pada 20 Maret 2015. Beberapa daerah tertentu diperkirakan akan mengalami kondisi gelap selama beberapa menit, terutama di beberapa wilayah negara Inggris.

Seperti dikutip dari laman situs Ibtimes, Selasa (17/3/2015), seperti halnya kepulauan Faroe di Inggris, yang dipercaya bisa melihat kejadian gerhana matahari total selama 132 detik atau sekira dua menit 12 detik. Serta wilayah Skotlandia yang akan melihat sekira 95 persen gerhana.

Sedangkan untuk wilayah lainnya, seperti London Timur dan Selatan akan melihat kejadian bencana gerhana matahari ini sekira 85 persennya. Kejadian gerhana yang akan menimpa Inggris pada beberapa hari ke depan ini, kabarnya juga adalah kejadian yang bisa dilihat terbesar selama 16 tahun.

Pemerintah setempat juga memperkirakan bahwa akan banyak penduduknya yang mencoba untuk melihat fenomena alam tersebut. Namun diinstruksikan, agar menggunakan kacamata khusus untuk melindungi terbakarnya retina mata, jika dilihat tanpa pelindung mata atau dengan mata telanjang.

Lembaga antariksa NASA mencatat, sinar pancaran Matahari hanya bisa dilihat langsung dengan filter yang dirancang khusus untuk melindungi mata. Lapisan filter ditutupi dengan bahan sejenis kromium atau alumunium, sehingga bisa melemahkan pancaran radiasi inframerah.

Sebuah filter pelindung mata, harus bisa mengirimkan kurang dari 0,003 persen atau density sebesar 4,5 cahaya yang tampak (380 – 780 nm). Serta tidak lebih dari 0,5 persen atau density sebesa 2,3 dari jarak dekat radiasi langsung.

1 comment:

Powered by Blogger.